Sunday 15 September 2013

Sepatu PDL Pramuka, TNI & Polri

Sepatu PDL TNI,Polri dan Pramuka putra merupakan sepatu untuk dinas lapangan. PDL ialah singkatan dari Pakaian Dinas Lapangan yang terdiri dari baju, sepatu dan topi, jadi sepatu PDL TNI & Polri ataupun pramuka merupakan bagian dari Pakaian Dinas Lapangan(PDL).
Perbedaan sepatu PDLdengan sepatu PDH terletak pada tinggi sepatu dimana sepatu PDL lebih tinggi daripada sepatu PDH. Istilah sepatu PDL pada awalnya digunakan oleh instansi kemiliteren (ABRI), yaitu TNI & Polri, tetapi kemudian istilah sepatu PDL ini juga dipakai oleh instansi pemerintah yang lain.

Sepatu PDL Pamuka
Sepatu PDL

Ciri sepatu PDL TNI & Polri secara umum antara lain :
- Modelnya sederhana tanpa variasi.
- Tinggi kulit bagian belakang sampai dengan pertengahan antara mata kaki dan lutut.
- Bertali.
- Dari bahan kulit yang bermotif, biasanya bermotif “kulit jeruk”
Karena merupakan pakaian seragam sehingga dari ciri-ciri tersebut menunjukkan bahwasepatu PDL tersebut cocok dipakai oleh semua level dan mudah perawatannya.
Pada dasarnya sepatu PDL yang diberikan pemerintah mempunyai model dan kualitas yang sama untuk semua level jabatan. Pada kenyataannya untuk level-level tertentu tidak mau menggunakan sepatu PDL jatah dari pemerintah, tetapi mereka menggunakan sepatu PDL yang mereka beli sendiri. Modelnya sama atau hampir sama tetapi hanya kualitasnya saja yang membedakannya. Yang membedakan kualitas sepatu PDL jatah dari pemerintah dan sepatu PDL yang beli sendiri antara lain :
- Kualitas kulitnya, biasanya lebih bagus
- Kualitas out sole-nya, sekarang ini ada yang memberikan garansi out sole
- Kualitas jahitan
- Kenyamanan
Terdapat 2 model sepatu PDL TNI & Polri yang saat ini banyak digunakan, antara lain :
- Bertali, paling standard dan umum dipakai
- Kombinasi bertali & resleting

Source : Tunas Kelapa

0 komentar:

Post a Comment

Kritik dan saran akan selalu kami terima